News
Lates Post

Tinggalkan IT Jadul, Saatnya Beralih ke Cloud Data Center!

in

Di era big data sekarang ini, bisnis membutuhkan media penyimpanan data yang tak cuma aman, tetapi juga membuat bisnis bisa lebih efisien dan mudah mengelolanya. Karena itu, teknologi seperti cloud dan data center semakin diperlukan untuk menjadi solusi penyimpanan data. Keduanya membantu perusahaan dalam mengatasi berbagai tantangan  dalam penyimpanan data.

Cloud dan data center kini hadir dengan beragam pilihan, di mana setiap opsi menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pun demikian, keduanya mampu membantu bisnis untuk mengelola dan menyimpan data secara optimal. Biasanya, data bisa disimpan dan diakses via hardware jaringan lokal dan server di data center. Namun, seiring berkembangnya inovasi teknologi, penyimpanan data sekarang memiliki cara baru yang berbeda, yakni dengan cloud data center. Sistem komputasi tersebut beroperasi dengan menyimpan data, mengambil, serta mencari di server menggunakan internet sebagai media.

Ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu cloud data center, fungsi serta solusi yang tepat dari teknologi ini? Simak selengkapnya di artikel berikut.

Apa Itu Cloud Data Center?

apa itu cloud data center

Sesuai namanya, cloud data center tidak secara fisik berlokasi di suatu tempat. Alih-alih, seluruh komponennya justru beroperasi secara online. Jadi, bagi perusahaan yang menggunakan sistem komputasi ini, data mereka akan tersimpan di dalam cloud server, dan secara otomatis terfragmentasi dan diduplikasi di berbagai lokasi untuk storage yang lebih aman.

Fungsi Cloud Data Center

fungsi cloud data center

Ketimbang data center tradisional, cloud data center menghadirkan berbagai keunggulan yang dapat membantu bisnis dalam mengelola aset digital dan datanya.

1. Mudah Diskalakan

Bisnis bisa dengan mudah mendapatkan resources tambahan sesuai kebutuhan, yang tentunya bisa diskalakan dengan optimal.

2. Sangat Fleksibel

Bisnis bisa meningkatkan atau menurunkan resources dengan mudah dan cepat sesuai dengan kebutuhannya.

3. Biaya Terjangkau

Cloud data center mempermudah bisnis dalam berbagi resources, sehingga menawarkan efisiensi dari sisi cost.

4. Ketersediaan Lebih Baik

Cloud data center memiliki ketersediaan yang dilindungi oleh perjanjian tingkat layanan, di mana mampu memberikan jaminan lebih baik ketimbang yang diberikan oleh perusahaan secara internal.

5. Lebih Aman

Penyedia layanan cloud selalu berinovasi dengan keamanan maksimal untuk menjaga privasi perusahaan dari risiko ancaman siber dan peretasan.

Cloud Data Center Edgecore untuk Infrastruktur Jaringan yang Future-Proof

Dengan semakin bertumbuhnya jumlah data dari aplikasi dan layanan cloud yang muncul, operator data center harus mencari solusi yang mampu menangani pertumbuhan trafik tersebut. Mereka bahkan juga harus bisa memanfaatkan teknologi baru dalam mengatasi lonjakan ini, salah satunya adalah dengan solusi cloud data center dari Edgecore Networks.

Dengan ekosistem yang luas, termasuk komunitas open-source dan mitra komersial, Edgecore Networks juga menghadirkan solusi jaringan berbasis open hardware dan software platform untuk menyediakan solusi jaringan profesional dari edge ke core. Edgecore menyediakan solusi open networking terdepan di industri untuk data center, penyedia layanan, toko cabang, dengan portfolio produk mulai dari switching 400G/100G/25G/10G/2.5G/1G.

Keunggulan Solusi Cloud Data Center dari Edgecore

Ada empat keunggulan yang ditawarkan cloud data center dari Edgecore. Berikut pemaparannya.

1. Kebebasan Memilih

Di jaringan tradisional, perangkat dan software hadir dalam format paten dari vendor spesifik. Dalam hal ini, Edgecore membuat infrastruktur jaringan lebih fleksibel dan mudah dikustomisasi, di mana pengguna bisa memisahkan komponen hardware dan software perangkat, serta memilih software dari komunitas open source atau vendor software komersil lainnya.

2. Kontrol Lebih Besar

Banyak perusahaan ingin men-deploy solusi SD-WAN untuk mengurangi biaya WAN dan meningkatkan performa jaringan. Untuk bisa mengambil keuntungan dari software-defined networking, cloud data center Edgecore dengan protokol common abstraction menjadi solusi ideal. Dengan cara ini, pengguna bisa mengelola data center switch dan komponen jaringan lain secara lebih holistik.

3. Inovasi Lebih Cepat

Salah satu kunci untuk berinovasi dengan cepat adalah menghindari vendor lock-in, di mana pengguna harus memiliki fleksibilitas untuk men-deploy infrastruktur jaringan yang tak cuma harus untuk hari ini, tetapi juga untuk di masa depan. Dalam hal tersebut, Edgecore bekerja sama dengan komunitas dan mitra software untuk terus meningkatkan desain produk, di mana memungkinkan pengguna berinovasi lebih cepat dan mengambil peluas pasar yang lebih luas.

4. Hemat Biaya

Dengan adanya provisioning kapasitas jaringan dan layanan, pengguna bisa terbantu dalam hal penghematan biaya, khususnya mengurangi CAPEX dan OPEX.

Baca Juga: 5 Solusi ITSM dari BPT Hadir untuk Optimalkan Infrastruktur Bisnis, Apa Saja?

Dapatkan Solusi Cloud Data Center Edgecore dari BPT

Saatnya tinggalkan data center tradisional Anda, dan beralih dengan cloud data center Edgecore untuk menciptakan pengalaman IT yang optimal, praktis dan nyaman. Solusi ini bisa langsung Anda dapatkan dari Blue Power Technology (BPT) selaku mitra resmi Edgecore.

BPT memiliki tim profesional dan tersertifikasi internasional akan membantu Anda melewati setiap proses penerapan solusi Edgecore, mulai dari konsultasi hingga dukungan after-sales demi menjamin keamanan aplikasi dan bisnis Anda. Informasi lebih lanjut, jangan ragu hubungi marketing@bluepowertechnology.com.

Jeko Iqbal Reza – Content Writer CTI Group