//
News
Lates Post

Apa Saja Fungsi Load Balancing untuk Bisnis? Cek di Sini

in

Salah satu fungsi load balancing yaitu dapat secara cerdas mendistribusikan traffic dari client ke beberapa server tanpa mengharuskan client mengetahui server mana yang digunakan atau bagaimana server dikonfigurasi. Dengan load balancing, Anda dapat meningkatkan performa, keamanan, ketahanan, dan menyederhanakan scaling website sehingga user experience bertambah.

Nah, load balancing juga menjadi salah satu solusi utama yang membantu Wowrack dalam mengatasi berbagai masalah operasional bisnis. Lantas apa saja masalah yang dihadapi Wowrack dan apa saja fungsi load balancing yang berdampak positif bagi perkembangan perusahaan provider layanan IT ini? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

 

Fungsi Load Balancing dalam Optimalkan Application Delivery Infrastructure

Kemp LoadMaster merupakan solusi load balancing dari Progress Kemp yang dapat mengoptimalkan Application Delivery Infrastructure client. Secara umum, fungsi load balancer adalah untuk meningkatkan seluruh kinerja aplikasi dengan mengurangi beban pada server terkait.

Load balancer bekerja dengan mengelola dan memelihara aplikasi dan jaringan, demi memastikan konektivtias sistem tetap lancar dengan memutuskan server mana yang mampu bekerja lebih optimal. Dengan load balancer, sistem dapat mendeteksi koneksi mana yang paling sedikit, memiliki waktu respons terbaik, hingga server mana yang sedang tidak sibuk untuk mengoptimalkan kinerja Application Delivery Infrastructure.

 

Masalah yang Dihadapi Wowrack

Wowrack adalah perusahaan penyedia layanan managed cloud yang hingga saat ini telah memiliki sembilan data center global, tujuh di antaranya berada di Amerika Serikat dan dua di kawasan Asia Pasifik. Wowrack telah mengantongi sertifikasi ISO 27001 sebagai penyedia layanan IT di Indonesia dan telah beroperasi sejak 2001 di Surabaya dan Jakarta.

Seiring dengan perkembangan bisnis, Wowrack secara umum menghadapi dua masalah utama. Pertama, masalah yang terkait dengan kebutuhan untuk men-deploy load balancer secara cepat yang mampu meningkatkan kinerja dan keamanan aplikasi yang di-hosting oleh customer di infrastruktur Wowrack dan layanan cloud.

Masalah kedua yakni terkait dengan manajemen terpusat untuk infrastruktur application delivery yang kerap terkendal pada kebutuhan untuk membuat perencanaan, deployment, monitoring, dan pelaporan kinerja, pemanfaatan, dan keamanan aplikasi. Wowrack mengevaluasi berbagai solusi untuk mengatasi kedua masalah di atas dan memutuskan untuk menggunakan Kemp LoadMaster dan Kemp 360 Central and Vision.

"Karena kami telah melakukan pengujian, kami sangat yakin untuk menawarkan solusi Kemp kepada customer kami," ungkap Rudy Setiawan, CIO Wowrack.

 

Baca Juga: Manfaat Load Balancing dalam Optimalkan Microsoft Exchange Email Service

 

Dampak dan Kelebihan Load Balancing yang Dirasakan Wowrack

Solusi load balancing Progress Kemp memungkinkan bisnis Wowrack menjadi lebih fleksibel dan agile, serta dapat di-scaling sesuai kebutuhan dan pertumbuhan bisnis. Solusi ini memungkinkan monitoring dan mengelola banyak load balancer sekaligus, memberikan insight berdasarkan data yang terkumpul, dan memberikan notifikasi saat terjadi kesalahan serta upaya penanganan atau tindak lanjutnya.

Wowrack menggunakan solusi Kemp LoadMaster yang bekerja sebagai virtual machine sebagai load balancer pilihan mereka. Kemp RESTful API memungkinkan Wowrack untuk mengotomatisasi proses deployment ke dalam workflow mereka.

Setelah mengadopsi LoadMaster, Wowrack berhasil memangkas rata-rata waktu deployment untuk setiap instance load balancer dari sebelumnya empat jam menjadi hanya lima menit. Instance LoadMaster juga dapat di-deploy dan dikonfigurasi untuk aplikasi sesuai kebutuhan customer.

LoadMaster juga membantu Wowrack saat melakukan konfigurasi khusus untuk setiap aplikasi yang di-hosting untuk setiap client. Hasilnya, client mengakui peningkatan pengalaman aplikasi yang luar biasa sehingga kepuasan pelanggan pun meningkat signifikan.

Di samping itu, Wowrack juga mencatat adanya penghematan biaya secara signifikan dengan model lisensi terukur Kemp yang fleksibel. Skema ini memberikan keuntungan bagi customer Wowrack karena mereka kini dapat melakukan deployment LoadMaster Virtual Machines sesuai kebutuhan dengan proses otomatis yang dapat memangkas waktu dan mengurangi beban kerja tim.

Terkait keamanan, LoadMaster dilengkapi Edge Security Pack (ESP) dan Web Application Firewall (WAF) untuk keamanan aplikasi end-to-end yang lebih baik. Hal ini membantu Wowrack untuk memenuhi kepatuhan terhadap peraturan keamanan yang berlaku.

 

Dapatkan Solusi Load Balancing KEMP di BPT

Saatnya tingkatkan fleksibilitas dengan mengotomatiskan proses deployment load balancer ke dalam workflow tim Anda dengan solusi Progress Kemp LoadMaster di Blue Power Technology (BPT). BPT sebagai value-added distributor resmi Progress Kemp akan membantu bisnis Anda dalam menerapkan solusi load balancer secara optimal.

Didukung tim IT profesional, berpengalaman, dan bersertifikat, BPT akan membantu Anda melalui setiap tahapan konsultasi, deployment, management, hingga dukungan after sales untuk memastikan Anda terhindar dari trial and error. Dapatkan solusi Kemp Load Balancer di BPT sekarang dengan menghubungi kami di link berikut.

 

Penulis: Ervina Anggraini - Content Writer CTI Group

//