News
Lates Post

Bimbang Memilih Solusi WAAP Security? Imperva Cloud WAAP Security Bisa Jadi Pilihan Ideal

in

Seiring dengan adopsi cloud computing yang semakin populer, WAAP (Web Application and API Protection) security menjadi kebutuhan vital untuk melindungi aset digital dari serangan siber yang kompleks dan terus berkembang. WAAP bekerja dengan cara memfilter dan menganalisis traffic yang masuk ke aplikasi, mendeteksi dan memblokir aktivitas mencurigakan, serta mencegah serangan berbahaya.

Salah satu solusi WAAP terdepan adalah Imperva Cloud WAAP Security. Diakui sebagai market leader oleh SecureIQLab, Imperva Cloud WAAP Security menawarkan perlindungan komprehensif dan mudah dikelola untuk aplikasi web dan API di lingkungan cloud.

Lantas, apa yang menjadikan Imperva Cloud WAAP Security sebagai solusi ideal untuk mengamankan aset digital bisnis Anda? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas terlebih dahulu situasi keamanan siber di bisnis modern dan pentingnya implementasi Cloud WAAP sebagai solusinya.

 

Pentingnya Menjaga Keamanan Siber di Dunia Bisnis

Data merupakan salah satu aset paling berharga bagi perusahaan, sehingga melindunginya dari ancaman siber menjadi keharusan. Namun, ancaman siber tidak hanya terbatas pada serangan yang dapat diatasi oleh Web Application Firewall (WAF) dan DDoS Protection. Meskipun kedua teknologi ini penting, ini hanyalah sebagian dari solusi keamanan yang lebih komprehensif.

Ancaman siber terus berkembang menjadi lebih canggih dan bervariasi. Serangan seperti phishing, malware, ransomware, dan zero-day attack tidak dapat sepenuhnya dicegah oleh WAF dan DDoS Protection saja. Hacker terus mengembangkan metode baru untuk mengeksploitasi celah keamanan, yang berarti solusi keamanan harus selalu diperbarui dan disesuaikan dengan ancaman terbaru.

Selain itu, banyak industri diatur oleh undang-undang dan regulasi ketat mengenai perlindungan data dan privasi, seperti GDPR, HIPAA, dan UU PDP. Kegagalan mematuhi regulasi ini dapat mengakibatkan denda besar dan tindakan hukum.

Oleh karena itu, perusahaan perlu mengadopsi pendekatan multi-layered yang mencakup berbagai aspek keamanan, seperti deteksi ancaman, respons insiden, pelatihan karyawan, enkripsi data, dan banyak lagi. Melalui pendekatan yang komprehensif ini, perusahaan dapat  melindungi diri dari ancaman siber untuk memastikan keberlanjutan bisnis.

 

Mengapa Cloud WAAP Security Sangat Penting untuk Bisnis Modern?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, keamanan siber menjadi kunci keberhasilan bisnis di era digital. Dalam konteks ini, Cloud WAAP berperan penting dalam memperkuat benteng keamanan digital. Cloud WAAP Security bukanlah solusi yang berdiri sendiri, melainkan berintegrasi dengan strategi keamanan siber yang ada, seperti WAF, Security Information and Event Management (SIEM), dan Data Loss Prevention (DLP). Integrasi ini memungkinkan perusahaan untuk membangun sistem keamanan yang komprehensif dan terpusat, memberikan perlindungan menyeluruh terhadap aplikasi dan data di cloud.

Cloud WAAP Security bekerja dengan cara memfilter dan menganalisis traffic web dan API yang masuk ke aplikasi cloud. Dengan kemampuan ini, Cloud WAAP Security dapat:

  • Mencegah serangan umum seperti SQL injection, XSS, dan DDoS
  • Mendeteksi dan memblokir malware tersembunyi yang berusaha menyusup ke aplikasi
  • Mengamankan API dari akses tidak sah dan penyalahgunaan data
  • Melacak aktivitas pengguna dan mendeteksi perilaku mencurigakan
  • Membantu perusahaan memenuhi standar kepatuhan regulasi terkait keamanan data dan aplikasi

 

Mengapa WAF Tradisional Dianggap Tidak Lagi Cukup?

Semakin kompleksnya ancaman siber membuat bisnis harus mengadaptasi aplikasi modern dan arsitektur cloud native. Hal ini menyebabkan popularitas WAF tradisional mulai menurun, karena dianggap tidak lagi cukup memenuhi kebutuhan keamanan aplikasi. Berikut alasannya.

Aplikasi Modern yang Sering Berubah

Adopsi praktik agile dan DevOps membuat aplikasi web dan API modern selalu berubah. WAF yang memerlukan setting manual dan aturan khusus tidak cocok untuk aplikasi yang cepat berubah ini.

Popularitas Hosting Cloud

Popularitas hosting cloud mendorong penyedia layanan untuk menawarkan solusi keamanan aplikasi berbasis cloud native. Keuntungan lainnya termasuk meminimalkan potensi bottleneck atau latensi, terutama ketika aplikasi web melayani pelanggan dari berbagai wilayah.

Model Keamanan Positif yang Kurang Efektif

Teknologi WAF tidak sepenuhnya dapat secara otomatis membuat daftar URL dan parameter yang diizinkan berdasarkan automatic learning dari traffic aplikasi karena WAF memerlukan konfigurasi manual dan setting yang intensif.

Inovasi WAF yang Minimal

Pertumbuhan cepat standar web (seperti HTTP 2.0 dan peningkatan penggunaan JSON payload) membuat para vendor WAF lebih fokus mengejar standar baru ini sehingga kurang mengembangkan fitur keamanan baru.

Strategi Multi-Cloud

Setiap penyedia cloud memiliki fitur dan arsitektur yang berbeda. Dalam konteks ini, keamanan runtime berbasis agen cloud dan layanan WAAP lebih cocok untuk lingkungan multi-cloud.

 

Imperva WAAP Solusi Keamanan untuk Aset Digital Bisnis

Imperva WAAP adalah solusi lengkap untuk melindungi aset digital Anda dari serangan siber. Platform keamanan terkemuka ini dirancang untuk melindungi aplikasi web, API, dan microservices dari berbagai ancaman. Sebagai pelopor di bidang WAAP, Imperva menawarkan solusi andal dengan beragam fitur canggih.

Imperva WAAP bekerja berdasarkan tiga pilar utama yakni application security, data security, dan application delivery. Berikut beberapa komponen utama yang menjadikan Imperva WAAP sebagai solusi andal:

  • WAF: Mendeteksi dan memblokir berbagai serangan umum seperti SQL injection, XSS, dan DDoS.
  • API Security: Memberikan perlindungan khusus untuk API, termasuk deteksi dan pencegahan penyalahgunaan API, serta kontrol akses yang ketat.
  • Runtime Application Self-Protection (RASP): Menyediakan perlindungan dari serangan di tingkat aplikasi, mendeteksi, dan menghentikan serangan berbahaya secara real-time.
  • DDoS Protection: Dilengkapi dengan perlindungan DDoS canggih, mampu menangani serangan DDoS besar sekalipun.
  • Cloud WAF: Menawarkan solusi WAF berbasis cloud yang mudah diimplementasikan dan dikelola, ideal untuk melindungi aplikasi yang ter-deploy di cloud.

Imperva Dinobatkan sebagai Market Leader untuk Cloud WAAP Security

 

Kemampuan Imperva dalam menyediakan fitur canggih untuk keamanan aplikasi, menjadikannya sebagai leader dalam kategori WAAP Cloud Platforms menurut analisis SecureIQLab, perusahaan riset dan konsultan keamanan siber terkemuka, dalam laporan terbarunya di 2024.

SecureIQLab menyebutkan keunggulan Cloud WAAP Imperva atas kemampuannya yang kuat, skalabilitas tinggi, kemudahan pengelolaan, dan pemanfaatan AI/ML untuk meningkatkan keamanan. Laporan tersebut juga mencatat bahwa Cloud WAAP Imperva memiliki basis pelanggan yang luas dan reputasi yang baik dalam industri keamanan siber. Berikut beberapa faktor utama yang berkontribusi pada posisi terdepan WAAP Imperva.

Kemampuan Perlindungan Menyeluruh

Menyediakan perlindungan komprehensif terhadap berbagai jenis serangan siber, termasuk SQL injection, XSS, DDoS, dan API abuse.

Visibilitas dan Kontrol Penuh

Visibilitas menyeluruh terhadap traffic web dan API, memungkinkan perusahaan untuk memantau aktivitas mencurigakan, mengidentifikasi anomali, dan mengambil tindakan pencegahan dengan cepat.

Skalabilitas Tinggi

Dapat beradaptasi dengan kebutuhan bisnis yang terus berkembang, mampu menangani lonjakan traffic dan melindungi aplikasi serta API secara efektif, bahkan saat bisnis berkembang pesat.

Kemudahan Pengelolaan

Sebagai solusi berbasis cloud, Imperva WAAP mudah diimplementasikan dan dikelola tanpa memerlukan infrastruktur tambahan, membantu perusahaan menghemat waktu dan sumber daya.

Kepatuhan Regulasi

Membantu perusahaan memenuhi standar kepatuhan regulasi terkait keamanan data dan aplikasi.

Dukungan Pelanggan yang Baik

Menawarkan dukungan pelanggan yang komprehensif dan responsif untuk membantu perusahaan memaksimalkan investasi mereka.

 

Baca Juga: Imperva Diakui sebagai Leader untuk WAAP oleh Gartner Magic Quadrant

 

Dapatkan Solusi Cloud WAAP dari Imperva di BPT

Tingkatkan perlindungan aset penting bisnis Anda dengan solusi Web Application and API Protection Platform (WAAP) dari authorized advanced partner Imperva di Indonesia, yakni Blue Power Technology (BPT). Dengan didukung tim IT profesional, berpengalaman, dan bersertifikat, BPT akan membantu Anda melalui setiap tahapan implementasi, mulai dari tahap konsultasi, deployment, management, hingga dukungan after sales untuk memastikan Anda terhindar dari trial and error.

Mau tahu lebih jauh bagaimana performa solusi WAAP dari Imperva? Hubungi tim kami melalui tautan berikut untuk info lebih lanjut.

Penulis: Wilsa Azmalia Putri - Content Writer CTI Group

//