//
News
Lates Post

Manfaat Modernisasi IT Infrastruktur Bagi Bisnis di Era Digital

in

IT infrastruktur modern telah menjadi fondasi kokoh yang mendukung kelancaran dan kesuksesan bisnis. Di era di mana teknologi terus berkembang, modernisasi IT infrastruktur menjadi semakin penting untuk memastikan bahwa perusahaan dapat bersaing secara efektif dan memenuhi kebutuhan pasar yang terus berubah.

Lantas, apa saja manfaat bagi bisnis dari modernisasi infrastruktur IT ini? Bagaimana langkah-langkah ini dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, serta daya saing dalam konteks bisnis yang dinamis? Temukan jawabannya dalam pembahasan berikut.

 

Apa itu IT Infrastruktur Modern? 

IT infrastruktur modern adalah adalah landasan teknologi yang digunakan bisnis untuk menjalankan fungsinya secara efisien dan aman di era digital. Dibandingkan dengan infrastruktur tradisional yang cenderung kaku dan sulit disesuaikan, IT infrastruktur modern menawarkan fleksibilitas lebih besar, memungkinkan bisnis untuk menyesuaikan sumber daya IT sesuai kebutuhan tanpa harus melakukan investasi besar di awal.

Selain fleksibilitas, IT infrastruktur modern juga didesain untuk meningkatkan efisiensi operasional melalui otomatisasi proses manual seperti penyediaan server, implementasi software, dan pengelolaan keamanan. Fokus utama pada keamanan juga menjadi ciri khas infrastruktur IT modern, dengan penerapan teknologi enkripsi, firewall, dan sistem deteksi intrusi untuk melindungi data dan sistem bisnis dari serangan siber.

 

4 Manfaat Menggunakan IT Infrastruktur Modern

IT infrastruktur modern menawarkan berbagai manfaat bagi bisnis dengan karakteristiknya yang fleksibel, otomatis, aman, dan kontrol terpusat. Berikut manfaat utama lainnya.

1. Adaptasi Mudah 

Bisnis dapat menyesuaikan diri dengan cepat terhadap perkembangan teknologi. Ini memungkinkan perusahaan untuk berkembang lebih dinamis dan mengikuti perubahan bisnis dengan lebih efektif.

2. Pengurangan Kompleksitas

Dengan berbagai solusi teknologi yang terpadu, IT infrastruktur modern dapat mengurangi kompleksitas sistem dan infrastruktur. Hal ini membuat pengelolaan IT menjadi lebih sederhana dan efisien.

3. Efisiensi Biaya 

Pengurangan kompleksitas juga berarti penghematan biaya yang signifikan. IT infrastruktur modern membantu mengoptimalkan pengeluaran perusahaan dengan lebih efisien.

4. Akses Lebih Mudah ke Inovasi 

Dengan dukungan dari teknologi canggih dan tim teknis yang terlatih, IT infrastruktur modern memudahkan akses terhadap inovasi. Perusahaan dapat mengadopsi inovasi lebih cepat, memperluas cakupan bisnis, dan menghadirkan solusi-solusi yang lebih modern.

 

Jenis-jenis IT Infrastruktur Modern 

IT infrastruktur modern mengikuti perkembangan teknologi terkini dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Secara umum, infrastruktur IT dapat dibagi menjadi dua kategori utama yaitu  infrastruktur tradisional dan infrastruktur cloud.

Infrastruktur Tradisional 

IT infrastruktur tradisional terletak di lokasi fisik kantor atau gedung perusahaan. Ini melibatkan penggunaan server dan komponen jaringan yang ada di tempat kerja, memberikan kontrol lebih besar kepada perusahaan. Namun, infrastruktur tradisional seringkali membutuhkan biaya awal yang signifikan untuk hardware dan dapat dikelola secara internal oleh perusahaan atau melalui layanan dukungan IT pihak ketiga.

Jenis infrastruktur tradisional meliputi.

  • Server fisik
  • Komputer desktop
  • Telepon analog
  • Kabel dan konektivitas

Infrastruktur Cloud 

Infrastruktur ini berada di luar lokasi fisik perusahaan dan dijalankan di data center yang dimiliki dan dioperasikan oleh penyedia layanan. Infrastruktur cloud menghadirkan efisiensi biaya dan fleksibilitas untuk bekerja dari jarak jauh, serta memungkinkan akses ke berbagai layanan melalui internet.

Komponen infrastruktur cloud meliputi.

  • Cloud storage
  • Backup off-site
  • Infrastruktur cloud menghilangkan kebutuhan akan perangkat keras on-premises dan membebaskan perusahaan dari tugas manajemen dan pemeliharaan infrastruktur IT.

Infrastruktur Hyper-Converged

Infrastruktur hyper-converged adalah jenis IT infrastruktur yang memungkinkan pengelolaan jaringan, penyimpanan data, dan komputasi dari satu platform terpadu. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan aset dan infrastruktur mereka ke dalam satu interface yang mudah diakses, mengoptimalkan efisiensi dan kinerja.

 

Bagaimana Cara Memilih IT Infrastruktur yang Tepat?

Ketika memilih IT infrastruktur, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan unik dan tujuan jangka panjang perusahaan Anda. Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda, dan IT infrastruktur harus disesuaikan untuk memenuhi persyaratan spesifiknya. Berikut langkah-langkah untuk memilih IT infrastruktur yang tepat.

Identifikasi Kebutuhan Bisnis

Pertimbangkan tujuan jangka panjang perusahaan dan masalah apa yang ingin Anda selesaikan dengan IT infrastruktur baru. Apakah Anda ingin meningkatkan fleksibilitas kerja jarak jauh atau meningkatkan kontrol atas jaringan.

Pertimbangkan Solusi Berbasis Cloud atau On-Premises

Evaluasi apakah solusi berbasis cloud atau infrastruktur di tempat lebih cocok untuk kebutuhan Anda. Jika ingin akses yang mudah dari mana saja atau mengurangi biaya awal, solusi berbasis cloud bisa menjadi pilihan. Namun, jika Anda membutuhkan kontrol lebih besar atau keamanan lebih tinggi, hosting infrastruktur di tempat mungkin lebih sesuai.

Evaluasi Infrastruktur Hyper-Converged

Jika Anda mencari solusi yang menyatukan manajemen jaringan, penyimpanan data, dan perangkat keras dalam satu platform, pertimbangkan infrastruktur hyper-converged. Ini dapat memudahkan manajemen dan mengurangi kompleksitas infrastruktur Anda.

Dengan memilih infrastruktur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, Anda dapat menjamin bahwa IT infrastruktur Anda mendukung pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang perusahaan. Salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan adalah Lenovo ThinkAgile HX Series, solusi Hyper-converged Infrastructure (HCI) yang dapat mempercepat modernisasi infrastruktur IT di era cloud.

 

Modernisasi IT Infrastruktur dengan Lenovo ThinkAgile HX Series 

Lenovo ThinkAgile HX Series adalah sistem hyper-converged terbaik di kelasnya, menyederhanakan pengelolaan data center dan mengoptimalkan sumber daya IT. Dengan manajemen infrastruktur yang lebih mudah, platform ini mampu mengurangi downtime tak terduga hingga 97 persen dan menurunkan total biaya operasional hingga 43 persen.

Berikut keunggulan Lenovo ThinkAgile HX

  • Platform x86 Terpercaya: Terbukti sebagai platform x86 paling andal dalam industri selama sembilan tahun berturut-turut. Hal ini memastikan kinerja stabil dan pengurangan downtime terencana hingga 85 persen di berbagai sektor industri.
  • Performa Tinggi: Didukung prosesor dan memori lebih cepat, Anda dapat menjalankan workload dengan kecepatan luar biasa.
  • Manajemen Sumber Daya Efisien: Dilengkapi Lenovo XClarity,  perangkat manajemen sumber daya yang intuitif untuk identifikasi dan mengatasi masalah komponen sebelum menyebabkan downtime.
  • Desain Fleksibel: Dirancang, disesuaikan, dan divalidasi untuk berbagai solusi bisnis, memberikan kebebasan untuk menjalankan berbagai workload dalam skala apa pun.
  • Teknologi Terbaru: Prosesor generasi ke-5 Intel dan prosesor generasi ke-4 AMD, menawarkan lebih banyak core dan kapasitas memori lebih besar.

 

Bagaimana Modernisasi Infrastruktur IT dari Lenovo Membantu Perkembangan Bisnis?

Lenovo ThinkAgile HX Series telah terbukti andal dalam menangani masalah infrastruktur IT yang dihadapi oleh PT Supra Boga Lestari, perusahaan ritel modern yang juga mendirikan Ranch Market. Seiring dengan pertumbuhan cepat dalam data perdagangan, mereka membutuhkan solusi server yang cepat dan bebas downtime.

Pada 2020, perusahaan melakukan pengecekan kesehatan pada bagian hardware. Mereka menemukan bahwa beberapa mesin sudah tidak lagi didukung penyedia, serta ada keterbatasan dalam kelistrikan dan tempat untuk penggantian mesin tersebut. Mesin yang tersedia hanya memiliki enam rack unit dan enam node dalam satu chassis mesin.

Untuk mengatasi keterbatasan ini, Lenovo menyediakan solusi hyper-converged dengan Lenovo ThinkAgile HX. Mereka menggunakan model HX5520 dengan hanya tiga hardware saja. Meskipun hanya tiga hardware, solusi ini mampu memenuhi kebutuhan perusahaan dan bahkan melebihi kapasitas yang diperlukan. Selain itu, dengan satu kesatuan manajemen untuk semua hardware, pengelolaan juga menjadi lebih efisien.

 

Baca Juga: Hyperconverged Infrastructure, Solusi Terdepan Transformasi Digital Infrastruktur IT

 

Modernisasi Infrastruktur IT Anda Dengan Lenovo di BPT

Saatnya percepat proses modernisasi IT infrastruktur  bisnis Anda dengan solusi ThinkAgile HX Series dari Lenovo. Blue Power Technology (BPT) sebagai authorized partner Lenovo akan membantu Anda menghindari trial and error mulai dari tahap konsultasi, deployment, maintenance, hingga dukungan after sales.

Didukung tim profesional IT berpengalaman dan tersertifikasi, BPT akan membantu Anda melewati semua proses adopsi solusi ThinkAgile HX Series untuk memastikan infrastruktur IT Anda berjalan dengan baik. Tertarik dengan solusi ThinkAgile HX Series dari Lenovo? Hubungi kami dengan klik link berikut.

 

Penulis: Wilsa Azmalia Putri-Content Writer CTI Group

//