News
Lates Post

Tips Safe Browsing: Cegah Serangan Malware dengan Browser Security yang Tepat

in

Kehadiran Artificial Intelligence (AI) telah membawa web browser ke tingkat yang lebih tinggi, memberikan pengalaman browsing yang lebih cepat, cerdas, dan personal. AI browser dapat memahami kebutuhan pengguna, sehingga dapat memberikan rekomendasi yang relevan dan membantu efisiensi kerja sehari-hari.

Meski demikian, di balik semua keuntungan ini, AI juga menghadirkan tantangan baru terhadap keamanan browser. Kecerdasan AI membuat penjahat siber semakin pintar dan licik dalam mengembangkan serangan yang lebih sulit dideteksi. Dalam konteks ini, AI browser akhirnya menjadi wadah pertempuran antar pengguna yang mencari kenyamanan berselancar dan penjahat siber yang mencari keuntungan.

Untuk membantu Anda mencegah berbagai upaya kejahatan siber, Anda perlu menerapkan safe browsing behavior. Artikel ini akan membahas langkah-langkah untuk memastikan perjalanan browsing Anda lebih bebas risiko. Penasaran? Baca selengkapnya di bawah ini.

 

 

Bagaimana AI Membuat Serangan Berbasis Browser Semakin Berbahaya?

Berbagai serangan siber seperti malware dan phishing semakin ditingkatkan dengan adanya teknologi AI, sehingga serangan ini menjadi lebih sulit dideteksi dan ditangani oleh sistem keamanan tradisional. Berikut lima jenis serangan berbasis browser yang perlu Anda perhatikan.

 

1. Malware Berbasis AI

Dengan menerapkan algoritma AI, peretas dapat menciptakan jenis malware baru yang bisa beradaptasi dan berkembang secara otomatis dengan browser Anda, sehingga lebih sulit dideteksi dan dimitigasi. Contohnya, penggunaan Large Language Models (LLMs), sebuah model AI untuk memahami, memproses, dan menghasilkan teks yang mirip dengan bahasa manusia, yang bisa mempersulit sistem Endpoint Detection and Response (EDR).

 

2. Serangan Phishing yang Ditingkatkan

AI mampu menganalisis dataset berjumlah besar untuk menciptakan serangan phishing yang dipersonalisasi sesuai dengan target individu atau perusahaan.

 

3. Automated Exploit Generation (AEG)

Teknik AI dapat menemukan dan mengeksploitasi kerentanan dalam browser secara otomatis. Konsekuensinya, peretas dapat dengan mudah menyerang dan menargetkan kerentanan browser, melalui penggunaan kode eksploitasi khusus.

 

4. Adversarial Attack

Model AI browser security dapat mendeteksi anomali atau menganalisis perilaku pengguna, namun kondisi ini menjadi rentan dimanipulasi attacker. Apabila attacker mendapatkan akses ke dalam sistem, maka mereka bisa memanipulasi AI untuk mengontrol perangkat lain.

 

5. Data Poisoning

Peretas juga bisa memanipulasi data training atau memasukan input berbahaya ke dalam model AI yang digunakan browser security Anda.

Ancaman di atas dapat memanfaatkan kerentanan, menyusup sistem, hingga memanipulasi model AI yang seharusnya melindungi browser Anda. Hal ini tentu sangat berisiko bagi aktivitas browsing, terutama pada keamanan data sensitif Anda atau bahkan milik perusahaan. Oleh karena itu, pengguna perlu menerapkan safe browsing behavior sebagai langkah pencegahan dari aksi kejahatan siber.

 

 

7 Tips Safe Browsing Behavior Agar Terhindar dari Bahaya Serangan Berbasis AI

Safe browsing behavior atau perilaku browsing secara aman dapat mencegah Anda dari berbagai bahaya laten berbasis AI pada browser. Simak 7 langkah safe browsing berikut ini.

 

1. Jangan Mengakses Data Sensitif saat Menggunakan Wi-Fi Umum

Wi-Fi sering menjadi fasilitas di tempat umum yang sebenarnya menguntungkan dan memudahkan pengguna dalam mengakses internet. Akan tetapi, banyak jaringan Wi-Fi umum yang tidak menggunakan enkripsi kuat, sehingga informasi Anda bisa dengan mudah dilihat atau dicuri oleh third party yang tidak sah. Maka itu, Anda perlu lebih waspada dalam penggunaannya, misalnya dengan tidak melakukan transaksi perbankan atau berbelanja online saat menggunakan Wi-Fi umum.

 

2. Rutin Perbarui Browser

Jaga keamanan dengan update browser secara berkala, sehingga antivirus bawaan browser juga ikut diperbaru dan lebih efektif menangkal bug atau malware yang terus berkembang.

 

3. Gunakan Fitur Browser Security

Fitur keamanan browser dapat meningkatkan perlindungan browser mulai dari level non-aktif, standar, hingga ketat. Dengan browser security, Anda bisa memblokir akses ke situs berbahaya dan membokir download file yang kurang terpercaya.

 

4. Jangan Download Extensions Ilegal

Extensions pada browser memang menarik dan memudahkan pengguna dalam berbagai hal, contohnya fitur translate otomatis. Sayangnya, belakangan ini kerap muncul extensions berbahaya yang disisipkan malware. Selalu pastikan hanya menginstal extensions dari developer resmi.

 

5. Hanya Download Software atau Aplikasi dari Sumber Resmi

Sejumlah software memang tersedia secara gratis di internet, namun software ilegal seringkali disertai dengan virus berbahaya. Jika diinstal, maka software tersebut bisa mencuri data penting Anda.

 

6. Periksa Keamanan Website yang Dikunjungi

Pastikan memeriksa alamat web sebelum mengunjunginya, jangan sampai Anda mengunjungi website yang dibuat palsu yang sengaja dibuat menyerupai aslinya. Tips lainnya, perhatikan bagian depan alamat website, jika menggunakan HTTPS, maka sistem keamanan website tersebut cukup baik.

 

7. Gunakan Solusi Browser Security Terbaik

Kebiasaan safe browsing lain yang perlu Anda terapkan adalah menggunakan browser security yang mumpuni, seperti AI browser security.

 

 

Browser Security Berbasis AI, Tameng dari Serangan Siber yang Semakin Advance

Kita sudah mempelajari bagaimana serangan siber seperti malware, phishing, dan AEG, mampu berkembang dan mengelabui sistem keamanan browser. Salah satu kebiasaan safe browsing yang wajib dilakukan adalah menggunakan browser security yang mumpuni, seperti browser security berbasis AI.

Dengan solusi ini, Anda bisa mendeteksi anomali, menganalisis perilaku atau kebiasaan, dan memigitasi ancaman secara real-time dengan lebih cepat. Tentunya, kecanggihan browser security berbasis AI dapat meningkatkan perlindungan browser Anda, sehingga operasional bisnis tetap terjaga, hingga meningkatkan keamanan data dan trust dari pelanggan.

Salah satu browser security terbaik di kelasnya dimiliki oleh Menlo, yang dapat mengeliminasi serangan browser dengan pendekatan keamanan komprehensif.

 

Baca Juga: Apa itu Browser Security dan Mengapa Anda Perlu Menggunakannya?

 

 

Solusi Browser Security Menlo Berbasis AI

Menlo menyediakan solusi browser security berbasis AI, dirancang untuk mendeteksi dan memblokir ancaman siber pada browser yang semakin canggih. Sistem keamanan browser ini lengkap dengan fitur seperti:

  • Manage Browser: Dapat mengonfigurasi, mengecek postur perangkat, extensions, dan melakukan screenshot
  • Secure Access and Data: Melindungi data exfiltration, melakukan data redaction, watermarking, pembatasan akses aplikasi, copy & paste, extension exposure, serta logging dan auditing
  • Protect the User: Melindungi kerentanan termasuk zero-day, malware, dan phishing

Sebagai solusi Secure Enterprise Browser berbasis cloud pertama di industri IT, Menlo Security dapat digunakan di perangkat apa pun dan kapan pun, dengan kemudahan akses zero trust untuk mencegah ancaman zero-hour phishing.

Berikut adalah enam manfaat penerapan Menlo Security bagi bisnis Anda.

 

1. Mitigasi Serangan

Dengan teknologi isolasi web, Menlo Security dapat mencegah serangan yang memanfaatkan kerentanan pada browser dan menggagalkannya untuk masuk ke dalam jaringan.

 

2. Keamanan Tanpa Kompromi

Menlo Security berbasis AI dapat melindungi browser dengan mengidentifikasi phishing, sekaligus tetap menjamin kecepatan dan akurasi penggunaan browser.

 

3. Skalabel dan Fleksibel

Menlo Security mendukung solusi yang skalabel dan fleksibel untuk diterapkan pada berbagai lingkungan bisnis, mulai dari UKM hingga big enterprise sesuai dengan kebutuhan.

 

4. Melindungi Serangan Web yang Canggih

Lindungi pengguna dari kecanggihan serangan web yang ditingkatkan dengan AI. Solusi Menlo dapat mengidentifikasi dan memblokir serangan phishing 6 hari lebih awal dibandingkan vendor keamanan lainnya dan menciptakan buffer perlindungan. Efeknya, Menlo dapat menjadi advanced threat protection pada serangan tersebut.

 

5. Mengelola Risiko dan Biaya

Penerapan Menlo Security juga hemat biaya, sehingga Anda bisa mengurangi risiko dan biaya recovery jika seandainya terjadi serangan siber.

 

6. Minimalisir Kompleksitas IT dan Workload

Melalui pendekatan terintegrasi dan otomatis, Menlo Security mampu mengidentifikasi dan mengatasi ancaman yang kompleks secara proaktif, sehingga Anda dapat menimalisir penanganan manual terhadap ancaman pada web browser dan memfokuskan sumber daya IT untuk strategi lainnya.

 

 

Dapatkan Menlo Browser Security Hanya di BPT

Blue Power Technology (BPT) sebagai authorized advanced partner Menlo siap memberikan solusi browser security untuk menghindari berbagai ancaman siber yang bisa mengganggu operasional bisnis Anda.

Tim IT profesional dan tersertifikasi BPT siap membantu Anda mulai dari tahap konsultasi, deployment, hingga after-sales support, memastikan implementasi browser security dari Menlo berjalan lancar.

Ingin tahu bagaimana kami dapat membantu Anda? Segera hubungi kami di sini.

 

Penulis: Anggita Olivia Herman – Content Writer CTI Group

 

//