//
News
Lates Post

Ubah Pengalaman WiFi Arena untuk Koneksi Aman dan Stabil

in

WiFi arena di stadion menjadi solusi untuk memberikan koneksi internet yang stabil dan cepat kepada ribuan penonton dan official tim. WiFi arena membantu mewujudkan layanan internet berkualitas tinggi untuk memberikan kemudahan akses dan jaminan koneksi aman di mana pun.

Tak sampai di situ, WiFi arena juga memberikan jangkauan area yang luas agar Anda dapat tetap terkoneksi dengan internet di mana pun. WiFi 6 dan WiFi 6e menjadi teknologi WiFi arena terbaru yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Lantas apa sebenarnya WiFi 6 dan WiFi 6e serta sejauh mana stadion membutuhkan WiFi arena? Simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut.

 

Apa itu WiFi 6e? Perbandingan dengan WiFi 6 

WiFi 6e menjadi standar spektrum jaringan 6GHz yang lebih cepat dan latensi lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya. Kemunculan WiFi 6 (standar IEEE 802.11ax) dibatasi pada spektrum wireless mencakup pita spektrum 2,4 GHz dan 5GHz.

Dengan menggunakan spektrum jaringan 6GHz, WiFi 6e memiliki fitur berupa channel yang lebih luas dan minim interferensi.  Selain itu, WiFi 6e menawarkan keuntungan dengan kecepatan gigabit, latensi yang sangat rendah, dan kapasitas tinggi.

Mengutip PCMag, FCC pada April 2020 membuka pita spektrum 6GHz sehingga dapat melipatgandakan jumlah gelombang untuk router dan perangkat pintar agar lebih sedikit gangguan sinyal. Penggunaan pita spektrum 6GHz dapat meningkatkan performa dengan kecepatan internet lebih dari 1Gbps, menurunkan latensi hingga kurang dari satu milidetik, kapasitas lebih baik, dan channel lebih lebar dibandingkan teknologi WiFi sebelumnya.

Dengan panjang gelombang yang lebih pendek, WiFi 6e menjadi teknologi ideal untuk transfer data yang cepat. Dibandingkan teknologi WiFi 6, WiFi 6e memiliki kinerja, kecepatan, jangkauan, efisiensi, dan penghematan daya lebih baik yang beroperasi di pita spektrum 6GHz.

Ketika berada di lingkungan padat, WiFi 6e tetap memberikan performa aplikasi lebih andal dengan minim interferensi. Untuk memberikan jaminan keamanan, WiFi 6e telah mengantongi standar WPA3 untuk keamanan IoT lebih baik dan aturan daya spektrum kondusif untuk penggunaan pita 80 MHz di saluran bisnis.

 

Mengapa Arena Olahraga dan Stadion Butuh WiFi 6e?

Tak dipungkiri jika akses internet cepat dibutuhkan oleh penonton dan suporter saat berada di arena olahraga. Tetapi, kecepatan bukan satu-satunya kebutuhan karena akses internet aman lebih dibutuhkan untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan pengguna.

Kecepatan akses WiFi 6e lebih cepat dan andal untuk memberikan pengalaman bagi penonton menjadi kebutuhan saat menyaksikan dan membagikan momen penting di tengah pertandingan olahraga. Akses WiFi publik di arena olahraga memungkinkan suporter dan manajemen tim untuk menganalisis jaringan.

Kemampuan ini memungkinkan manajemen olahraga untuk memberikan fondasi saat mengoptimalkan investasi teknologi jaringan masa depan. Data yang dirilis oleh MSbenbow mencatat bahwa penggunaan WiFi per pengguna di arena olahraga meningkat 46 persen menjadi 595,6 MB per pengguna selama mereka berada di stadion.

Semakin banyak penggemar olahraga, tamu taman hiburan, dan siapa pun yang berada di area publik berskala besar dengan akses WiFi 6e memastikan akses internet stabil, aman, dan lebih cepat.

 

Baca Juga: Cari Tahu Alasan Mengapa Club Olahraga Butuh Stadium WiFi

 

Beberapa Arena Olahraga dan Stadion dengan WiFi 6e

Kemampuan akses internet yang lebih cepat dan aman membantu beberapa klub olahraga mengimplementasikan WiFi 6e. Berikut beberapa arena dan stadion olahraga yang telah menyediakan akses WiFi 6e:

  • Ohio State Stadium - Columbus, Ohio
  • Gaylord Family Oklahoma Memorial Stadium - Norman, Oklahoma
  • Lucas Oil Stadium - Indianapolis, Indiana
  • BBVA Stadium - Houston, Texas
  • West Texas A&M Buffalo Stadiom - Canyon, Texas
  • Atlantic Union Bank Center (James Madison University) - Harrisonburg, VA
  • SoFi Stadium - Inglewood, California
  • Nissan Stadium - Nashville, Tennese
  • Coors Field - San Fransisco, CO
  • Chase Center - San Fransisco, California

Di samping kesepuluh arena dan stasion olahraga di atas, Extreme Networks mencatat ada 16 stadion baseball lain yang juga telah dipasangi WiFi 6. Keenambelas stadion baseball ini telah bekerja sama dengan Extreme Networks untuk memberikan akses jaringan yang andal, cepat, dan aman bagi suporter. Berikut daftar 16 klub MLB yang telah bekerja sama dengan Extreme Networks untuk dipasangi WiFi 6:

  • Fenway Park (Boston Red Sox)
  • Chase Field (Arizona Diamondbacks)
  • Guaranteed Rate Field (Chicago White Sox)
  • Great American Ballpark (Cincinnati Reds)
  • Progressive Field (Cleveland Indians)
  • Comerica Park (Detroit Tigers)
  • Minute Maid Park (Houston Astros)
  • Kauffman Stadium (Kansas City Royals)
  • Marlins Park (Miami Marlins)
  • Citi Field (New York Mets)
  • Citizens Bank Park (Philadelphia Phillies)
  • PNC Park (Pittsburgh Pirates)
  • Petco Park (San Diego Padres)
  • T-Mobile Park (Seattle Mariners)
  • Busch Stadium (St. Louis Cardinals)
  • Nationals Park (Washington Nationals)

Teknologi WiFi 6e menjadi solusi untuk klub olahraga dalam meningkatkan kapasitas bandwidth hingga tiga kali lebih besar, mendukung latensi rendah dan meningkat pengalaman pengguna di seluruh jaringan. Pita spektrum 6 GHz menjngkarkan performa aplikasi dan menurunkan latensi sehingga pengalaman suporter meningkat dan memberikan jaminan keamanan saat menggunakan arena WiFi.

 

Solusi WiFi 6 dan WiFi 6e di 2 NFL Club: Philadelphia Flyers dan Winnipeg Jets

Extreme Networks mengumumkan kerja sama dengan dua klub NFL yakni Philadelphia Flyers dan Winnipeg Jets untuk menghadirkan solusi WiFi 6 dan WiFi 6e bagi penonton. Akses internet WiFi 6 dan WiFi 6e akan meningkatkan pengalaman penggemar, memangkas biaya operasional arena olahraga, dan memberikan insight bagi manajemen dalam mempersonalisasi pengalaman dan meningkatkan peluang sponsor.

Wells Fargo Center yang menjadi markas bagi Philadelphia Flyers dan Philadelphia 76ers, dan Canada Life Centre markas dari Winnipeg Jets, memilih solusi Extreme untuk memberikan konektivitas kecepatan dan kapasitas tinggi, serta latensi rendah untuk penggemar dan pejabat klub.

800 Access Point untuk Optimalkan Pengalaman Penonton

Untuk memastikan konektivitas konsisten dan andal di semua tempat, seluruh arena Flyers and Jets telah dipasangin 800 Access Point WiFi 6 dan WiFi 6e dan Extreme Universal Switches. Kehadiran WiFi dengan bandwidth tinggi dapat mengoptimalkan pengalaman penggemar saat mengakses mobile ticket, media sosial, aplikasi, dan pengalaman mobile tanpa kendala.

Di sisi lain, manajemen klub olahraga juga dapat melakukan scan tiket secara lebih cepat, mempercepat komunikasi staf, akses kamera CCTV, hingga membantu mendeteksi informasi berbasis lokasi seperti tingkat kepadatan penonton di titik-titik tertentu di sekitar arena olahraga.

Insight Penting Terkait Kinerja Jaringan 

Tak sampai di situ, manajemen Flyers dan Jers juga memiliki akses ke ExtremeAnalytics untuk mengatur dan memanfaatkan data penggunaan jaringan di sekitar arena dan momen aktivitas penonton. Data yang terkumpul dapat memberikan insight tentang kinerja jaringan dan masalah potensial. Insight ini membantu klub NHL untuk membuat keputusan penting dan mengerahkan lebih banyak staf di area—area yang dibutuhkan.

Investasi Penting Masa Depan 

Penggunaan teknologi AR, VR, dan biometrik dapat menjadi fondasi untuk memenuhi tuntutan kebutuhan jaringan. Universal Switches memungkinkan tim IT untuk switching OS tergantung perubahan kasus penggunaan untuk meningkatkan agility dan meminimalkan biaya pembelian peralatan tambahan di masa depan.

 

Dapatkan Solusi 6 dan WiFi 6e dari Extreme Networks di BPT 

Kini saatnya klub olahraga Anda menyediakan akses WiFi arena dengan teknologi WiFi 6e dan WiFi 6 dari Exteme Networks. Dapatkan solusi WiFi 6 dan WiFi 6e Extreme Networks hanya dari Blue Power Technology (BOT) sebagai value added distributor.

Tim BPT didukung tim IT berpengalaman dan bersertifikst akan memastikan pengalaman akses internet penonton tetap optimal selama di arena olahraga. Tertarik dengan solusi WiFi 6e dari Extreme Networks? Hubungi tim BPT di link berikut

 

Penulis: Ervina Anggraini - Content Writer CTI Group

 

//