//
News
Lates Post

Apa itu Couchbase Capella? Database NoSQL Terbaru dengan Fitur AI dan DBaaS

in

Bagaimana database relasional tradisional dapat mengatasi tantangan data yang semakin besar, cepat, dan beragam di era digital saat ini? Solusinya adalah NoSQL database Couchbase, yang menawarkan skema fleksibel, skalabilitas, dan kinerja yang tinggi. Couchbase NoSQL database telah mengubah cara manajemen data dilakukan.

Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang Couchbase NoSQL database dan fitur, kelebihan, dan contoh penggunaannya. Anda juga akan belajar tentang Couchbase Capella, solusi NoSQL database terbaru dari Couchbase, platform cloud database terdepan.

Couchbase Capella menggunakan model Database-as-a-Service (DBaaS), yang memungkinkan Anda menggunakan Couchbase NoSQL dengan mudah dan cepat tanpa harus mengurus infrastruktur database Anda sendiri.

Selain itu, Anda akan mengetahui tentang kerjasama eksklusif antara Couchbase dan Blue Power Technology (BPT), yang akan membantu mengadopsi solusi manajemen data yang lebih efektif dan andal untuk meningkatkan bisnis Anda. Penasaran dengan Couchbase Capella? Simak pembahasan menariknya di artikel ini.

 

Apa itu NoSQL Database

NoSQL adalah singkatan dari Not Only SQL. Sistem management database ini bersifat tanpa relasi (non-relational). Artinya, NoSQL bisa mengelola database dengan skema yang fleksibel dan tidak membutuhkan query yang kompleks. Sebaliknya, NoSQL menggunakan struktur data  seperti key-value, column-oriented, document-oriented, atau graph-based untuk menyimpan data.

Dengan pendekatan tersebut, NoSQL mempunyai skalabilitas tinggi untuk dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan data yang ada. Tak heran, NoSQL database dianggap paling cocok untuk mengolah data yang selalu berubah setiap waktunya.

Selain itu, NoSQL database sering digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan skalabilitas, performa, atau fleksibilitas tinggi. Beberapa contoh aplikasi yang menggunakan database NoSQL seperti aplikasi web, seluler, media sosial, e-commerce, hingga analitik.

 

Bagaimana Penggunaan NoSQL Database di Industri?

NoSQL database telah menjadi teknologi yang semakin populer di berbagai industri. Hal ini karena sistem databaseini lebih unggul dibandingkan database relasional, mulai dari skalabilitas, performa, dan fleksibilitas yang lebih baik. Berikut beberapa contoh penggunaan NoSQL database di berbagai industri.

Industri Media Sosial

Aplikasi media sosial menggunakan NoSQL database untuk menyimpan data pengguna, seperti profil, postingan, dan komentar. NoSQL database memungkinkan aplikasi ini menangani jumlah pengguna dan data yang besar dengan mudah.

Industri E-Commerce

Aplikasi e-commerce menggunakan NoSQL database untuk menyimpan data produk, transaksi, dan data pelanggan. NoSQL database memungkinkan aplikasi e-commerce memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, seperti pencarian lebih cepat hingga rekomendasi produk yang lebih akurat.

Industri Game

NoSQL database memungkinkan aplikasi game online menangani jumlah pemain dan data yang besar, serta menyimpan setiap  data pemain, karakter, dan histori game.

Industri IoT

Perangkat IoT menghasilkan sejumlah besar data yang perlu disimpan dan dikelola. NoSQL database dapat digunakan untuk menyimpan data IoT dengan efisien dan efektif.

Industri Analitik

NoSQL database dapat digunakan untuk menyimpan data analitik dengan mudah dan cepat, memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik berdasarkan data.

Secara keseluruhan, NoSQL database adalah teknologi yang fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai aplikasi. Penting untuk memilih jenis NoSQL database yang tepat untuk kebutuhan Anda.

 

Couchbase Capella, Inovasi Tangguh Solusi NoSQL Database

Jika Anda mencari layanan fully managed NoSQL database, Couchbase Capella bisa menjadi pilihan utama Anda. Couchbase adalah sebuah database yang dirancang untuk digunakan dalam berbagai skenario, termasuk aplikasi bisnis kritis. Database ini dapat digunakan dari  multicloud hingga ke edge dan dapat beroperasi dalam berbagai jenis lingkungan IT.

Berbeda dari sebagian besar NoSQL database lainnya, Couchbase dapat berjalan di lingkungan modern yang dinamis dan dapat di-host di berbagai jenis cloud, baik secara customer-managed maupun fully managed service.

Couchbase dibangun dengan mematuhi open standards, dalam konteks database, artinya Couchbase memadukan fitur terbaik dari NoSQL database dengan kekuatan dan kemudahan penggunaan bahasa SQL. Dengan demikian, Couchbase dapat menyederhanakan peralihan dari penggunaan database relasional ke lingkungan distribusi yang di-host di on-premises atau di cloud.

Lebih lanjut, berangkat dari masalah kompleksitas dan beban manajemen database yang kerap dihadapi developers, Couchabase menghadirkan inovasi NoSQL database yakni Couchbase Capella. Solusi ini dirancang untuk memudahkan pelanggan dalam penggunaan Couchbase tanpa harus menjadi ahli dalam manajemen database.

Couchbase Capella adalah layanan Database-as-a-Service (DBaaS) yang menawarkan platform fully managed NoSQL database. Dengan menggunakan Capella, pelanggan dapat mengurangi beban manajemen database mereka sambil menghemat biaya.

Couchbase Capella tersedia di berbagai cloud, termasuk AWS, Azure, dan Google Cloud Platform, Alibaba Cloud serta dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, termasuk aplikasi web, seluler, media sosial, e-commerce, hingga  analitik.

 

Keunggulan Couchbase Capella

Couchbase Capella memberikan fleksibilitas di seluruh use cases dengan kemampuan multi-model dan sinkronisasi mobile bawaan, memungkinkan respons data milidetik serta menghasilkan kinerja terbaik dari semua layanan fully managed database. Berikut beberapa keunggulan lainnya dari Couchbase Capella.

Fleksibel

Capella menggabungkan kecepatan dan kinerja NoSQL database dan kekuatan RDBMS, bersama dengan layanan aplikasi sinkronisasi mobile. Dengan kemampuan ini, Capella dapat menyimpan berbagai jenis data, termasuk data JSON, data XML, dan data biner.

Performa Lebih Baik

Capella dirancang untuk memberikan performa yang baik untuk operasi tertentu, seperti pencarian dan agregasi. Misalnya, Capella menggunakan indeks pencarian yang dioptimalkan untuk mempercepat pencarian data.

Familiar

Capella memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan keahlian mereka dengan SQL, bahasa database paling terkenal.

Terjangkau

Capella memberikan kinerja dan harga terbaik, transparansi operasional, dan fleksibilitas lisensi untuk menurunkan total biaya kepemilikan.

 

BPT sebagai VAD Couchbase di Indonesia

Saatnya sederhanakan manajemen database Anda dengan Couchbase Capella di Blue Power Technology (BPT). BPT sebagai value-added distributor Couchbase di Indonesia akan membantu Anda menghadirkan manajemen data yang efisien, integrasi data secara real-time, serta kinerja dan skalabilitas tinggi.

Bersama Couchbase, BPT akan mendukung bisnis Anda menciptakan ekosistem data yang bernilai tinggi sekaligus memastikan pengalaman omnichannel yang mulus.

Didukung tim IT yang profesional, berpengalaman, dan bersertifikat, BPT akan membantu Anda melalui setiap tahap implementasi, mulai dari konsultasi, deployment, dan management, hingga dukungan after-sales untuk memastikan Anda terhindar dari trial and error.

Tertarik menggunakan Couchbase Capella? Segera hubungi kami dengan klik link ini.

 

Penulis: Wilsa Azmalia putri

Content Writer CTI Group

//