News
Lates Post

Cek 6 Manfaat Sistem Informasi Geografis untuk Industri Pertambangan

in

Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographic Information System (GIS) adalah sistem yang mengumpulkan, memeriksa, mengintegrasikan, menganalisis,  dan menyajikan data terkait permukaan bumi seperti topografi, jenis tanah, hidrologi, prakiraan cuaca, keadaan geologi, hingga iklim. Data yang terkumpul ini kemudian disajikan berupa peta atau grafik berisi informasi geografis.

Beberapa pakar Sistem Informasi Geografis mendefinisikan GIS sebagai sistem yang terdiri dari software, hardware, data manusia, organisasi, dan lembaga yang menyimpan, menganalisis, hingga mengumpulkan penyebaran data spasial dan nonspasial. Teknologi SIG mendukung pengambilan keputusan saat perencanaan dan pengelolaan, penggunaan lahan, SDM, lingkungan, transportasi, fasilitas kota, pelayanan umum, perencanaan pembangunan, hingga pertambangan.

Secara spesifik, sejauh mana peran dan manfaat Sistem Informasi Geografis bagi industri pertambangan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

 

Pentingnya Sistem Informasi Geografis di Industri Pertambangan

 

Sistem Informasi Geografis menyimpan semua informasi terkait unsur geografis ke dalam database. SIG menggabungkan fitur geografis dengan data tabular untuk memetakan, menganalisis, dan menilai masalah yang telah dan berpotensi terjadi di lokasi pertambangan.

SIG memegang peranan penting untuk industri pertambangan karena dapat membantu menentukan lokasi tambang yang aman bagi pekerja dan tidak merusak lingkungan. Di samping itu, GIS juga dapat digunakan untuk menganalisis limbah hasil buangan industri pertambangan.

Saat ini SIG telah menjadi kebutuhan bagi industri pertambangan untuk mencatat semua data terkait struktur geografi tambang dan kota terdekat, data yang dikumpulkan dapat berupa data topografi, geologi, geokimia, dan gambar satelit. Pada tingkat dasar, data yang terkumpul digunakan untuk kartografi digital (peta). Sementara pada tingkat yang lebih maju, data GIS digunakan untuk metode spasial dan statistik untuk menganalisis beragam informasi.

Mengumpulkan data SIG dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari survei langsung ke lapangan, pemetaan menggunakan drone hingga pengambilan gambar dari helikopter. Data yang terkumpul akan di-update secara periodik berdasarkan pengukuran yang dilakukan oleh manusia dan alat.

Nantinya, data yang terkumpul dapat di-input dan diakses melalui aplikasi SIG untuk memberikan insight dalam proses pengambilan keputusan dan tindakan. Untuk memastikan penilaian sumber daya dan eksplorasi yang lebih efektif, industri pertambangan dapat menggunakan solusi dari Esri ArcGIS.

Esri ArcGIS akan membantu industri pertambangan dalam memetakan area eksplorasi, mengintegrasikan data eksplorasi, dan menghasilkan model 3D formasi geologi. Di samping itu, Esri juga akan membantu industri pertambangan dalam meningkatkan perkiraan cadangan mineral dan mengidentifikasi potensi sumber daya berharga secara akurat.

 

Esri ArcGIS, Sistem Informasi Geografis untuk Tingkatkan Produktivitas Industri Pertambangan

 

Esri menghadirkan ArcGIS sebagai Sistem Informasi Geografis cerdas untuk meningkatkan produktivitas industri pertambangan dan permudah pengambilan keputusan hingga operasional di lapangan. ArcGIS merupakan software eksplorasi mineral hingga remediasi tambang di seluruh siklus industri pertambangan.

Berikut enam keuntungan yang akan didapatkan oleh industri pertambangan dengan menggunakan solusi Esri ArcGIS.

 

1. Pemetaan dan Analisis Geospasial Akurat

Ciptakan peta interaktif dan analisis spasial untuk mengidentifikasi potensi tambang, memahami formasi geologi, dan merencanakan penambangan yang efisien.

 

2. Eksplorasi dan Penilaian Sumber Daya Lebih Efektif

Dukungan eksplorasi dan penilaian sumber daya mineral dengan analisis geospasial canggih dan model 3D untuk formasi geologi.

 

3. Monitoring Operasional secara Real-time

Lacak lokasi peralatan berat, kendaraan, dan personel di lapangan secara real-time melalui pemetaan geospasial untuk memastikan produktivitas operasional yang efisien dan cepat.

 

4. Kelola Lingkungan dan Keselamatan dengan Lebih Baik

Pastikan pemantauan lingkungan secara menyeluruh, termasuk identifikasi area rawan bencana, dan tindakan mitigasi untuk meningkatkan keselamatan kerja dan lingkungan tambang.

 

5. Pengambilan Keputusan Berbasis Data

Tool analisis data yang sangat powerful untuk membuat keputusan berbasis data yang akurat dan tepat waktu.

 

6. Pengelolaan Lahan dan Izin Tambang yang Efisien

Pantau batas lahan, hak kepemilikan, dan kelola proses perizinan secara terorganisir.

 

Untuk memastikan industri pertambangan mendapatkan hasil dan kinerja optimal, Esri ArcGIS hadir dengan fitur-fitur berikut.

 

Eksplorasi dan Penilaian Sumber Daya Lebih Efektif

ArcGIS mendukung eksplorasi dan penilaian sumber daya mineral melalui analisis geospasial canggih. Dengan begitu, perusahaan pertambangan dapat memetakan area eksplorasi, mengintegrasian data, hasilkan model 3D formasi geologi, hingga membantu memperkirakan cadangan mineral secara lebih akurat dan mengidentifikasi potensi sumber daya berharga.

 

Manajemen Lingkungan dan Keamanan

Kelola dampak lingkungan dan keselamatan kerja dengan melakukan pemantauan lingkungan secara menyeluruh, termasuk kualitas air, tanah, dan udara. ArcGIS juga dapatmengidentifikasi area rawan bencana dan melakukan mitigasi untuk meningkatkan keselamatan dan lingkungan di area tambang.

 

Optimalisasi Supply Chain

Optimalkan rantai pasokan mineral dengan melakukan pemetaan geospasial untuk mengurangi biaya logistik, meningkatkan efisiensi, dan memastikan kelancaran distribusi produk pertambangan.

 

Manfaat Penggunaan ArcGIS untuk Industri Pertambangan

Untuk memastikan industri pertambangan dapat beroperasi secara optimal dan efektif, berikut beberapa manfaat menggunakan ArcGIS.

 

Integrasi Data Geospasial Komprehensif

Berbagai data geospasial dari sumber berbeda dapat diintegrasikan ke dalam satu platform untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai area pertambangan dan lingkungan untuk membuat keputusan strategis.

 

Pemetaan dan Visualisasi Interaktif

Alat pemetaan canggih dan interaktif untuk pembuatan peta dan visualisasi data secara real-time sehinggan pembuatan keputusan lebih tepat.

 

Analisis Spasial secara Akurat

Dilengkapi analisis prediktif dan model 3D untuk mengidentifikasi pola, tren, dan potensi sumber daya tambang baru sehingga meningkatkan efisiensi operasional.

 

Monitoring Real-time

Monitor operasional tambang secara real-time dengan data yang terus-menerus ada untuk meningkatkan keselamatan dan produktivitas kerja.

 

Skalabilitas dan Interoperabilitas

Dirancang untuk mengelola data dalam skala besar dan kompleksitas tinggi, sekaligus mendukung integrasi dengan sistem dan aplikasi lain.

 

Solusi Berbasis Cloud

Akses mudah ke data dan alat analisis dari berbagai perangkat dan lokasi untuk meningkatkan kolaborasi dan mengurangi biaya infrastruktur IT.

 

Environmental Management dan Compliance

Memastikan pengelolaan dampak lingkungan dan kepatuhan terhadap peraturan dan standar lingkungan dalam operasional tambang.

 

 

Dapatkan Esri ArcGIS di BPT

Saatnya optimalkan operasional industri pertambangan dengan solusi Sistem Informasi Geografis dari Esri ArcGIS. Blue Power Technology (BPT) sebagai authorized advanced partner Esri ArcGIS akan membantu industri pertambangan dalam menerapkan solusi Sistem Informasi Geografis.

Dengan didukung tim IT profesional, berpengalaman, dan bersertifikat, BPT akan membantu industri pertambangan dalam setiap tahapan implementasi, mulai dari tahap konsultasi, deployment, management, hingga after sales support untuk memastikan Anda terhindar dari trial and error. Dapatkan solusi Esri ArcGIS di BPT sekarang dengan menghubungi kami lebih lanjut di sini.

 

Ervina Anggraini - Content Writer CTI Group

//